Kurikulum

Kurikulum
Kurikulum yang diterapkan di Program Studi Akuntansi Pajak adalah kurikulum yang berorientasi pada kompetensi mahasiswa yang secara berkala ditinjau dan direformasi agar dapat diterima dan diakui oleh industri, organisasi profesi, dan lembaga pendidikan lainnya di Indonesia dan di negara lain. Selain itu, kurikulum komprehensif dirancang agar mahasiswa mampu menguasai ilmu ekonomi, pengetahuan bisnis, dan dapat menyelesaikan studi dalam kurun waktu 3½ – 4 tahun.


Kelas Profesional
Dengan desain kurikulum berbasis kompetensi yang up-to-date, diharapkan para lulusan Program Studi Akuntansi Pajak siap untuk mengikuti berbagai bentuk ujian sertifikasi seperti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Certified Financial Planner (CFP) yang diselenggarakan oleh Financial Planning Standard Boards (FPSB) Indonesia.


Prospek Profesi

  • Personal Tax Consultant. Para lulusan dipersiapkan agar mampu menjadi konsultan pajak bagi WP Orang Pribadi.
  • Corporate Tax Consultant. Para lulusan dipersiapkan agar mampu menjadi konsultan pajak bagi WP Badan.
  • Tax Professional. Para lulusan dipersiapkan agar mampu menjadi seorang profesional dalam suatu entitas bisnis, baik itu sebagai pelaku bisnis maupun pemberi layanan dalam bidang pajak.
  • Tax Authority Service. Para lulusan juga dipersiapkan agar dapat bergabung di instansi pemerintahan yang menetapkan, mengevaluasi, dan menyempurnakan berbagai peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Kurikulum Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra didesain untuk menciptakan lulusan S1 yang memiliki semangat seorang tax preneur. Tax Preneur adalah seseorang yang secara mandiri dapat membangun sebuah bisnis di bidang perpajakan dan tentu saja mengarah pada jasa pelayanan perpajakan. Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti sertifikasi konsultan pajak dan membangun sebuah kantor konsultan pajak sendiri.
Pembuatan kurikulum program akuntansi pajak didasarkan pada kebutuhan seorang tax preneur di masa kini, yaitu:

  • Fundamental Tools of Business : Mahasiswa akan memahami bagaimana cara melakukan penelitian dan analisis hasil penelitian.  Hal ini diperlukan untuk menghasilkan informasi yang dapat meningkatkan sustainability suatu bisnis yang dibuat.
  • Fundamental Value of Humanity : Mahasiswa akan diajarkan untuk memiliki integritas dan itikat baik dalam berbisnis. Hal ini diperlukan karena di dalam bisnis, kita tidak bisa mengukur keberhasilan bisnis dari segi profitabilitas saja.
  • Fundamental of Business and Management : Mahasiswa akan belajar dasar-dasar pembuatan dan pengaturan bisnis agar bisnis yang dihasilkan dapat bertahan.
  • Fundamental of Economics : Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar dari ilmu ekonomi, harapannya mahasiswa dapat memahami implikasi dari variabel-variabel makro ekonomi dan mikro ekonomi dalam membuat bisnisnya.
  • Fundamental of Accounting : Mahasiswa akan diajarkan mengenai dasar-dasar dari ilmu akuntansi yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis yang efektif dan efisien. Dasar-dasar akuntansi ini akan diperdalam di Core Accounting Courses.
  • Core Accounting Courses : Mahasiswa akan belajar mengenai isu-isu spesifik seputar permasalahan akuntansi yang kompleks. Baik itu mengenai pembuatan sistem informasi yang baik, pemeriksaan laporan keuangan, dan juga pemahaman mengenai proses bisnis yang rumit.
  • Core Tax Accounting Courses : Mahasiswa akan memahami bagaimana proses pembuatan laporan keuangan fiskal yang akan digunakan dalam pelaporan pajak dan juga isu-isu pajak terbaru.
  • Special Tax Courses : Mahasiswa akan belajar untuk dapat memahami sistem kerja dari seorang konsultan pajak atau seorang pemeriksa pajak.

Demi meningkatkan kualitas dari mahasiswa akuntansi pajak beberapa mata kuliah difasilitasi dengan sistem praktikum dan modul. Selain itu juga di akhir masa pembelajaran, mahasiswa akan melaksanakan pembuatan skripsi, Post Examination Test dan juga proses magang atau sertifikasi. Hal ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu yang mendekati keadaan nyata dari dunia kerja.

 

Skema kurikulum tidak tersedia

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
Data mata kuliah tidak ditemukan