Kurikulum

Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra menyikapi perubahan yang terjadi di masyarakat dengan adanya tuntutan Industri 4.0, Society 5.0, Gen Z, dan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) melalui implementasi kurikulum OBE-LEAP (Outcome Based Education-Leadership Enhancement Program) mulai tahun akademik 2020/2021. Tujuan kurikulum OBE-LEAP adalah untuk memberikan mahasiswa kesempatan untuk mandiri dalam proses pembelajarannya sesuai talenta dan panggilan masing-masing untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di era digital.

Kurikulum OBE-LEAP adalah kurikulum yang difokuskan pada pencapaian luaran pada setiap matakuliah yang diberikan kepada mahasiswa Program Akuntansi Pajak. Kurikulum ini menciptakan lulusan Program Akuntansi Pajak yang: P‐E‐T‐R‐A, yaitu:Professional‐Excellent‐Trustworthy‐ Resilient‐Altruistic dan memiliki kemampuan Digital Leadership.

  1. Implementasi Kampus Merdeka melalui kurikulum OBE-LEAP difasilitasi dengan kewajiban mahasiswa mengambil Mata Kuliah Lintas Program Studi (MK‐LP) untuk memperkaya wawasan dan interaksi antar mahasiswa lintas keilmuan dan membuka seluas-luasnya kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar kampus untuk mendapatkan pengalaman professional melalui program magang.
  2. Kurikulum OBE-LEAP juga memfasilitasi integrasi kegiatan akademik dengan kegiatan kemahasiswaan dan melalui penerapan metode Service‐Learning (S‐L) pembelajaran mahasiswa Program Akuntansi Pajak akan dikaitkan dengan masalah-masalah nyata di luar lingkungan kampus sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan suatu perubahan.
  3. Kurikulum berbasis OBE-LEAP diberikan dalam empat bentuk yang menjadi pilihan mahasiswa, yaitu:
  • Research & Innovation. Mahasiswa melakukan penelitian dalam lingkup bidang Akuntansi, Perpajakan, dan keilmuan lainnya,
  • Global Exposure. Mahasiswa mengikut program pembelajaran dengan mitra Pendidikan di luar negeri),
  • Industrial Experience. Mahasiswa mengikuti kegiatan magang dan Pendidikan Sertifikasi Konsultan Pajak, dan 
  • Community Engagement. Mahasiswa melakukan kegiatan penerapan ilmu dan ketrampilan untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Profil Lulusan

Akuntan masa mendatang dihadapkan pada situasi yang jauh lebih kompleks, perubahan-perubahan  yang semakin cepat didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang menuntut fleksibilitas, ketangkasan dan ketahanan dan juga integritas dalam menjalankan peran profesionalnya. Mengantisipasi kebutuhan dan tantangan profesi Akuntan tersebut, maka  Program Studi  Akuntansi Universitas Kristen Petra berkomitmen menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut:

  1. Adaptive. Mampu menghadapi perubahan melalui pembelajaran seumur hidup untuk bisa  berperan sesuai perkembangan industri sehingga dapat berkontribusi bagi Indonesia dan masyarakat global
  2. Data Savvy. Mampu bertindak strategis dengan memanfaatkan  kecerdasan data dan ketrampilan pemahaman bisnis yang dimiliki.
  3. Trustworthy. Memiliki karakter dan integritas sebagai perwujudan  Christian Values dalam aktivitas keprofesionalan  yang dijalankan

 

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
  • Core Tax Accounting Courses
  • Fundamental of Accounting
  • Fundamental of Business and Management
  • Fundamental of Economics
  • Fundamental of Tools of Business
  • Mata Kuliah Lintas Progdi
DU4197
Agama dan Hidup Bermakna (MKDU Wajib) (4 SKS)
Mata Kuliah Agama dan Hidup Bermakna merupakan mata kuliah wajib yang diadakan untuk menolong mahasiswa belajar membangun dan mengembangkan konsep kehidupan yang bermakna, yakni mengetahui tujuan hidup dengan wawasan dunia yang benar dan tepat di dalam melihat dan mengevaluasi berbagai aspek kehidupan.
-
C
DU 4167
Filsafat Agama (MKDU Wajib) (2 SKS)
Mata kuliah Filsafat agama merupakan bidang studi yang melatih mahasiswa untuk dapat mengembangkan pemikiran kritis reflektif di dalam melihat isu-isu kepercayaan/agama dalam rangka mengembangkan relasi dan dialog untuk membangun kerukunan umat beragama. 1. Mengevaluasi konsep pemikiran dikotomi antara iman dan ilmu 2. Memahami konsep dasar ateisme modern dan ateisme baru 3. Mengevaluasi pandangan ateisme modern dan ateisme baru 4. Memahami konsep dasar teisme 5. Memahami sejarah dan doktrin inti dari agama besar di Indonesia 6. Mengevaluasi secara kritis dan reflektif agama besar di Indonesia 7. Mengevaluasi pandangan pluralisme agama 8. Memahami dasar atau fondasi dari sebuah keyakinan yang benar 9. Mengevaluasi isu-isu keberagaman beragama di Indonesia dalam upaya mencapai kerukunan antar umat beragama
-
C
DU 4161
Etika (2 SKS)
Mata kuliah Etika merupakan sebuah subjek pelajaran dimana mahasiswa diajar untuk memiliki pengertian yang benar tentang prinsip, makna, dan tujuan hidupnya sehingga dapat menghayati perjalanan hidupnya sebagai insan yang dipanggil untuk hidup sesuai rencana Tuhan sang Pencipta: 1. Memahami dan menyadari pentingnya memiliki hidup yang bertujuan dan bermakna 2. Memiliki komitmen untuk menggumuli panggilan dan tujuan hidup sesuai rencana Tuhan 3. Memahami Pernikahan dan membangun keluarga dalam perspektif etika pernikahan Kristen 4. Memiliki wawasan etika hidup dalam memaknani hidup dan mengambil keputusan etis
-
C
DU4101
Pancasila (MKDU Wajib) (2 SKS)
Mata Kuliah Pancasila menyelenggarakan pembelajaran tentang nilai-nilai Pancasila, belajar untuk memaknai Pancasila dari lahirnya sampai era sekarang ini, menghayati Pancasila sebagai dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara yang mampu menyatukan keanekaragaman bangsa Indonesia demi tetap tegaknya NKRI, menolak ideologi asing yang bertentangan dengan Pancasila, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinil orang lain, mengintegrasikan iman Kristen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai warga Negara yang bertangungjawab dalam mewujudkan ke-Indonesian yang utuh, adil dan demokratis, serta memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, bekerja sama dan memiliki kepekaan social.
-
C
DU4164
Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menyelenggarakan pembelajaran tentang ke-Indonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan, dan mencintai tanah air Indonesia guna mendukung terwujudnya seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang terdidik memahami tentang Indonesia, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang demokratis.
-
C
DU 4122
Bahasa Indonesia (MKDU Wajib) (2 SKS)
Perkuliahan ini diadakan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang benar mengenai penggunaan tata bahasa, yang dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam hal menulis dan melakukan presentasi yang bersifat formal. Mahasiswa dekat dengan kegiatan menulis sejak awal perkuliahannya. Yang dimaksud dalam hal ini adalah mahasiswa mampu menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan, mulai dari tugas makalah sederhana hingga Skripsi. Oleh karena itu perlu ada pembekalan agar mahasiswa bisa menulis dengan baik. Di samping menulis, mahasiswa juga dituntut untuk mampu melakukan presentasi dengan baik, yaitu bagaimana mahasiswa bisa menyampaikan (speech) secara lugas apa yang telah ia tulis. Dengan demikian, secara sederhana, matakuliah Bahasa Indonesia ini membantu mahasiswa untuk dapat menulis dan menyampaikan apa yang ditulis dengan baik dan benar
-
C
DU4163
Etika Profesi (Wajib) (2 SKS)
Mata kuliah Etika Profesi merupakan pelajaran yang menolong dan melatih mahasiswa untuk mampu mengevaluasi dan memberikan solusi perbaikan yang konstruktif dari berbagai macam permasalahan dilematis dalam isu etika dunia kerja berdasarkan wawasan dunia Kristen
Telah lulus min. 60 sks, telah lulus MK Agama dan Hidup Bermakna
C
DU4198
Digital Leadership (MKDU Wajib) (2 SKS)
Digital Leadership adalah mata kuliah yang memberi wawasan terkait kepemimpinan digital. Kepemimpinan digital adalah kepemimpinan di era digital dan kepemimpinan yang mentransformasi organisasi menjadi organisasi yang lebih digital. Mata kuliah ini akan membahas prinsip servant leadership, kompetensi membangun komunitas serta kompetensi digital. Setiap mahasiswa akan menerapkan berbagai prinsip digital leadership ke dalam program studi masing-masing termasuk dalam memperkirkan profesi masa depan yang terkait dengan program studi tersebut.
telah lulus min. 60 sks
C