Profil

Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra merupakan satu-satunya program strata satu di Indonesia yang mampu mengintegrasikan knowledge, soft skill, dan hard skill dalam bidang akuntansi dengan penguasaan informasi, peraturan, dan perlakuan pajak. Informasi akuntansi menjadi dasar bagi pengambilan keputusan bisnis, sedangkan pajak merupakan aspek yang harus selalu dipertimbangkan dalam setiap keputusan dalam sebuah bisnis. Berdasarkan fakta tersebut, akuntan yang memiliki pengetahuan dan skill pajak yang memadai akan sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra memberikan jawaban bagi kebutuhan akan seorang akuntan yang ahli di bidang pajak. Kurikulum Program di desain untuk menghasilkan lulusan yang kompeten bagi dunia bisnis, baik dalam level personal maupun corporate tax. Peran pajak sebagai penerimaan terbesar bagi negara Indonesia menuntut setiap pelaku bisnis mampu memahami dan menguasai ketentuan perpajakan untuk menganalisis kewajiban perpajakan yang optimal. Program ini menawarkan peluang bagi terciptanya seorang Tax Accountant-Preneur sehingga kurikulum dalam program ini juga dilengkapi dengan entrepreneurship spirit.

Lulusan Tax Accounting dibekali oleh Kompetensi Akademik, Kompetensi Profesi dan Kompetensi Pajak Internasional. Kompetensi Profesi dan Internasional terwujud dengan kerjasama UK Petra dengan lembaga-lembaga yang berkompeten di bidangnya seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan Ikatan Kantor Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).


PROSPEK PROFESI

  • Personal dan Corporate Tax Consultant. Dengan kurikulum yang sesuai dengan sertifikasi konsultan pajak, lulusan dipersiapkan untuk menjadi konsultan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan.
  • Tax Planner. Tidak hanya menjadi konsultan pajak, dengan desain kurikulum yang menggabungkan kompetensi Akuntansi, Strategi, dan Perpajakan maka Lulusan Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra dapat berpeluang menjadi tax planner pada Kantor Akuntan Publik untuk membantu membuat perencanaan pajak klien.
  • Tax Adviser. Selain Tax Planner, Lulusan Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra juga memiliki peluang karir sebagai Tax Adviser pada Kantor Konsultan Pajak, yang bertanggung jawab untuk memberikan konsultasi pajak (tax planning) sekaligus membantu klien dalam menghitung, membuat laporan, dan melaksanakan administrasi perpajakan lainnya.


VISI:
Menjadi Program Studi Akuntansi terkemuka yang peduli dan global, berorientasi internasional, dan
diakui oleh industri dan menjadi sumber pilihan dalam menyediakan akuntan profesional yang
memahami teknologi informasi, yang berlandaskan pada komitmen terhadap nilai-nilai Kristiani.
 
MISI:

Menyiapkan mahasiswa yang berhasil dalam profesi akuntansi dengan memperkuat keahlian teknis
mahasiswa, termasuk keahlian dalam teknologi informasi, meningkatkan pemahaman tentang
tanggung jawab profesional dan meningkatkan ketrampilan bisnis yang diperlukan untuk bersaing
dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan terus berubah, sebagai perwujudan nilai-nilai Kristiani.