Acara

09
Apr
2022
Workshop CV dan Interview

Workshop CV & Interview adalah workshop baru di tahun ini yang bertemakan
CREATION: “𝙲𝚛𝚎𝚊𝚝𝚎 𝚢𝚘𝚞𝚛 𝙲𝚅 𝚊𝚗𝚍 𝚆𝚒𝚗𝚗𝚒𝚗𝚐 𝚝𝚑𝚎 𝙸𝚗𝚝𝚎𝚛𝚟𝚒𝚎𝚠”

Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan belajar dan melatih kemampuan dalam menyusun sebuah CV serta memberikan tips mengikuti proses Interview dalam rangka mempersiapkan memasuki dunia kerja.  Kegiatan ini juga dapat melatih mahasiswa meyakinkan para pemberi kerja bahwa Anda mempunyai kompetensi yang relevan dengan kebutuhan yang diminta.  Narasumber workshop adalah  ðˆð›ð® 𝐘𝐨𝐯𝐚 𝐒𝐡𝐞𝐫𝐚 𝐒𝐢𝐚𝐧𝐭𝐮𝐫𝐢 dan 𝐁apak 𝐀𝐩𝐫𝐢 𝐑𝐨𝐤𝐡𝐲𝐚𝐝𝐢, 𝐒.𝐌𝐧 yang ahli di bidangnya. 

Baca lebih lanjut >
19
Mar
2022
Webinar Tax Series 4: Be Tax - Active in Creative Industry

Tax Series 4 memberikan materi mengenai perlakuan pajak dalam industri-industri kreatif. Produk-produk hasil industri kreatif mengandung keunikan dan sarat akan inovasi dan kreatifitas. Industri kreatif telah menciptakan peluang bisnis baik untuk usaha peseorangan atau badan usaha. Peluang bisnis ini sekaligus menciptakan potensi pemajakan. Oleh karena itu program Tax Accounting akan kupas tuntas mengenai perlakuan pajak pada industri kreatif.  Webinar kali ini mengundang alumni yang telah berkiprah sebagai spesialis transfer pricing Riscadelia Leonora Wenno, S.Ak dan moderator Felicia Anggriawan S.Ak

 

Baca lebih lanjut >
06
Mar
2022
Webinar Tax Litigation: Win, Lose or Draw

Webinar kali ini diadakan oleh HIMAJAKTRA Tax Accounting dengan Topik Tax Litigation: Win, Lose or Draw. Topik ini sangat menarik, karena  ketentuan perpajakan yang kompleks mengandung multiintepretasi yang dapat menyebabkan terjadinya sengketa wajib pajak dan otoritas pajak. Oleh karena itu, pemahaman mengenai tax litigation yaitu penyelesaian perselisihan perpajakan sesuai ketentuan yang berlaku merupakan pengetahuan penting untuk dipahami sebagai wajib pajak. Pembicara adalah Roland E. Lumban gaol, BKP. General Manager PT Tunas Rideon, Tbk. 

 

Baca lebih lanjut >
23
Feb
2022
Webinar Sosialisasi Pengungkapan Sukarela 2022

Bekerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Surabaya, Program Tax Accounting menyelenggarakan webinar dengan materi Program Pengungkapan Sukarela (PPS). PPS merupakan program pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi WP  melaporkan atau mengungkapkan kewajiban perpajakannya yang belum dipenuhi secara sukarela.
Sosialisasi PPS ini akan mengupas tuntas mengenai apakah makna PPS, siapa saja yang harus mengikuti PPS, waktu pelaksanaan PPS, Manfaat mengikuti PPS, Tarif PPS, dan Ketentuan-ketentuan lain mengenai PPS

🗣 Pemateri:

  1. Ika Fransisca S.E., M.Ak. BKP. Konsultan Pajak Member of IKPI Surabaya
  2. Natalia Poespawijaya, S.E., M.Ak., BKP. Konsultan Pajak Member of IKPI Surabaya

🗣 Moderator: R. Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. Dosen Tax Accounting Program- Universitas Kristen Petra

Baca lebih lanjut >
17
Feb
2022
Webinar "Pajak atas Profesi Content Creator"

Tax Centre UK Petra kali ini bekerja sama dengan Unversitas Pelita Harapan Surabaya menyelenggarakan webinar bertajuk Pajak atas profesi content creator. Salah satu pembicara adalah Elisa Tjondro SE.,MA., Ak dosen Program Tax Accounting. Profesi content creator menjadi favorite seiring dengan kehadiran teknologi 4.0. Para pelaku bisnis memanfaatkan ketrampilan content creator untuk menciptakan gambar atau video yang akan ditampilkan pada media seperti YouTube misalnya sebagai bagian dari promosi produk atau endrosement.  Tindakan kreativitas ini akan menghasilkan potensi penghasilan yang menimbulkan pajak terhutang. Bagaimana pengenaan pajak atas profesi ini menjadi salah satu pembahasan menarik dalam webinar ini. 

 

Baca lebih lanjut >
12
Feb
2022
Webinar Tax Series 3 "Taxation in Digital Transaction"

Webinar kali ini masih tetap melibatkan alumni angkatan 2015 Program Tax Accounting yang telah berkiprah sebagai professional muda, yaitu Kezia Gabriel Santosa, alumni SMA Karangturi Semarang yang sekarang ini bekerja di Ernst and Young Surabaya. Pembicara lain adalah Dean Charlos Padji Dogi, S.Ak., MM yang merupakan alumni SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo. Dean adalah Konsultan Bea Cukai di PT Prima Andal Solusi. Materi Taxation in Digital mengajak kita memahami bagaimana potensi pemajakan tercipta melalui transaksi-trasaksi ekonomi berbasis internet yang sekarang ini mendominasi perdagangan dunia. 

Baca lebih lanjut >
05
Feb
2022
Program Internship

Program Internship adalah bagian kegiatan belajar mengajar dalam Program Tax Accounting. Program magang disebut dengan Leadership Enhancement Program (LEAP). LEAP merupakan implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa mendapatkan pengalaman di dunia Profesi.

Viennie Melinda Lians dan Gracia Pulcheria Valentina adalah dua mahasiswa Program Tax Accounting yang mengikuti program internship di Ernst and Young yang merupakan Kantor Akuntan Publik Big Four dengan klien-klien perusahaan internasional. Selama magang kedua mahasiswa ini mendapat pengalaman yang membangun kompetensi soft skill dalam hal kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, beradaptasi dalam keragaman, dan belajar terbuka menerima kritik dan saran yang membangun. Bahkan Viennie mendapatkan kesempatan mengikuti Youth Tax Professional of the Year yang mewakili EY Indonesia mengikuti kompetisi perpajakan global yang dihadiri oleh tiap perwakilan EY di seluruh dunia.

Tidak hanya Viennie dan Gracia, dua mahasiswa Tax Accounting lain yang juga mendapatkan kesempatan magang di kantor konsultan pajak intenasional PB Taxand Surabaya, yaitu Melina Tanumihardja dan Clara Clarissa. Senada dengan Viennie dan Gracia, Melina dan Clara juga mendapatkan kesempatan yang berharga mengikuti kegiatan magang selama enam bulan secara onsite. Mereka membuktikan bahwa materi perkuliahan yang mereka tekuni dibangku perkuliahan seperti koreksi fiskal, mengisi SPT Masa PPh 21, SPT PPN, SPT 1770, dan 1771 mampu menjawab tantangan dunia kerja melalui program magang dan aplikatif dalam  mendukung kinerja dan keberhasilan mereka beradaptasi dengan dunia kerja selama praktik magang.

Baca lebih lanjut >
08
Des
2020
Seminar Nasional Kebijakan Perpajakan Perguruan Tinggi Swasta

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 80/PMK.03/2009 mengatur tentang sisa lebih yang diterima atau diperoleh badan atau Lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang Pendidikan dan/atau bidang penelitian dan pengembangan, yang dikecualikan dari objek Pajak Penghasilan bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pengajaran, penelitian, dan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat perguruan tinggi. PMK 80/PMK.03/2009 tersebut menjelaskan bahwa perguruan tinggi mendapatkan fasilitas pengecualian dari Objek Pajak Penghasilan, atas sisa lebih dengan ketentuan sisa lebih tersebut digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana kegiatan pendidikan dan/atau penelitian dan pengembangan.

Baca lebih lanjut >
21
Nov
2020
THE RISE OF ACCOUNTING ENTREPRENEUR

Tax Accounting Program Universitas Kristen Petra menyelenggarakan SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI. Webinar The Rise of Accountant Entrepreneur (TRAE 2020) diadakan agar mahasiswa memiliki pandangan bahwa lulusan akuntansi tidak hanya memiliki prospek kerja sebagai akuntan publik, melainkan dapat menjadi entrepreneur muda. Webinar ini juga memberikan tips dan trik tentang bagaimana memulai bisnis dari nol, berani dalam mengambil risiko, serta bagaimana cara menghadapi tantangan-tantangan selama menjalankan bisnis. Webinar TRAE 2020 diharapkan dapat membangkitkan jiwa dan semangat entrepreneur mahasiswa semasa kuliah, serta memberikan wawasan baru tentang ilmu akuntansi dan bisnis yang dapat membekali mahasiswa untuk menjadi entrepreneur muda yang sukses di kemudian hari

Baca lebih lanjut >
18
Nov
2020
KULIAH UMUM “BIG DATA & US”

Kegiatan ini merupakan rangkaian KULIAH UMUM TAX ACCOUNTING PROGRAM UK PETRA
BIG DATA & US merupakan tajuk yang kami pilih saat ini. Kita tahu bahwa saat ini Teknologi informasi melalui BIG DATA mengintegrasikan secara otomatis data-data keuangan maupun non keuangan wajib pajak ke pusat data perpajakan. Pemanfaatan BIG DATA akan mendukung pengambilan keputusan yang mendukung transparansi. Bagi DJP singkronisasi data tersebut memampukan DJP mendeteksi kepatuhan wajib pajak. 

Baca lebih lanjut >
06
Nov
2020
Miracle of Giving Himpunan Mahasiswa Tax Accounting

Pada kegiatan Miracle of Giving tahun ini, kami memilih tema “simple yet impactful act to
help each other” karena kami berharap melalui kegiatan ini para UMKM yang kami berikan
penyuluhan dapat merasakan dampak dari bantuan yang kami berikan, baik dalam hal branding maupun pembukuan sederhana, serta dapat membantu mereka untuk bertahan dalam dunia bisnis
kedepannya. Selain UMKM, melalui tema ini kami juga berharap mahasiswa Tax Accounting
dapat lebih aktif lagi untuk membantu orang lain karena lewat hal sederhana pun dapat berdampak
besar bagi orang lain. Kita sering kali berpikir bahwa membantu orang lain dalam hal-hal besar
baru akan bermanfaat bagi mereka, namun kenyataannya tidak. Oleh sebab itu, melalui tema
kegiatan kami ini, kami ingin menyampaikan bahwa dengan hal-hal sederhana atau kecil pun
dapat membantu orang lain serta dapat berdampak besar bagi orang tersebut.

Baca lebih lanjut >
22
Okt
2020
CONTAXTING THE FUTURE
Tax Accounting Program Universitas Kristen Petra sebagai sebuah program yang menelurkan “TAX SPECIALIST” mempersembahkan sebuah Webinar bertajuk “CONTAXTING THE FUTURE”.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu prospek kerja atau karir masa depan yang menjanjikan, yaitu sebagai TAX SPECIALIST. Kegiatan ini akan berisi sharing session dari para Tax Specialist yang berkarya sebagai Tax Consultant dan Tax Professional serta dipandu oleh seorang Tax Akademisi.
Kupas tuntas mengenai bagaimana menjadi seorang Tax Consultant atau seorang Tax Profesional akan di sharing kan dalam kegiatan ini. Harapan kami para siswa mendapatkan insight dari profesi seorang TAX SPECIALIST.
Baca lebih lanjut >
17
Okt
2020
Webinar Series

Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra mengadakan webinar kolabroasi dengan CPA Australia untuk menjelaskan mengenai profesi Akuntans menghadapi era RI 4.0

Baca lebih lanjut >
17
Jul
2020
Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru 2020

 

Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru Angkatan 2020 diselenggarakan dengan tujuan agar para orang tua memahami sistem pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Program Akuntansi Pajak. Selain itu para orang tua mendapatkan informasi mengenai lingkungan dan juga mengenai proses belajar mengajar para mahasiswa di Program Akuntansi Pajak. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru 2020.

Baca lebih lanjut >
14
Jul
2020
TaxPlorer Tax Accounting Competition 2020

Tax Accounting Competition merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Program Akuntansi Pajak dengan tujuan mengenalkan Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra kepada pada siswa-siswa SMU. Tahun 2020, TAC diselenggarakan secara daring mengingat  terjadi pandemi secara global yang diakibatkan virus Covid 19. TAC 2020 diikuti oleh 55 tim secara nasional. TAC diselenggarakan mulai tanggal 1 Juli 2020 yang diawali dengan technical meeting dan diakhiri pada tanggal 15 Juli 2020 dengan acara Awarding Night. Total hadiah yang diperebutkan dalam TAC 2020 adalah Rp7.500.000,00 dan beasiswa dari Universitas Kristen Petra.

Baca lebih lanjut >
08
Jan
2020
STUDI EKSKURSI INTERNASIONAL "UNITY IN DIVERSITY"

Studi Ekskursi Internasional 2020 hadir sebagai program tahunan yang memberikan wawasan internasional kepada mahasiswa. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diajak memahami realita keilmuan yang dapat menambah wawasan dan pengalaman menghadapi dunia kerja. Studi Ekskursi Internasional tahun 2020 memilih negara Korea Selatan sebagai tempat menambah wawasan internasional. Mahasiswa dalam kunjungan kali ini diajak mengenali budaya Korea Selatan yang terkenal dengan K-POP dan K-Drama dan yang paling penting adalah mahasiswa memperoleh wawasan dan  pengalaman berharga pada saat  mengunjungi SIM atau Samsung Innovation Museum, dimana mahasiswa mendapatkan pemaparan mengenai perkembangan dan strategi bisnis Samsung Electronics dan melihat secara langsung produk-produk electronik yang diproduksi oleh Samsung.

Baca lebih lanjut >
25
Okt
2019
MIRACLE OF GIVING

Kegiatan ini perlu diadakan untuk membuka wadah bagi mahasiswa Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra dalam kegiatan-kegiatan sosial, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan sarana bagi mahasiswa agar mampu mengembangkan kemampuan sosial di masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi antara mahasiswa dan juga masyarakat luas di lingkungan sekitar, sehingga mahasiswa menjadi lebih peduli dengan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Kegiatan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra dengan tema "Learning by Doing" dimana mahasiswa akan melakukan pelayanan sosial yang akan dilaksanakan di Sekolah Dasar, dimana mahasiswa memberikan pengajaran kepada murid-murid Sekolah Dasar dalam bidang non-akademis. 

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 4 kali dengan setiap satu kali pertemuan satu setengah jam. Mahasiswa akan melakukan kegiatan sosial dengan mengajar di Sekolah Dasar YBPK Surabaya sesuai dengan materi yang sudah ditentukan untuk para murid. Pengajaran yang diajarkan adalah prakarya, yakni dengan membuat barang-barang kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas atau daur ulang.

Pada pertemuan pertama, para murid akan terbagi dalam kelas masing-masing mulai dari kelas 4 SD sampai 6 SD sesuai dengan materi yang sudah ditentukan. Di setiap kelas akan terdapat 8-10 orang pengajar dari mahasiswa Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra.

 

 

Baca lebih lanjut >
22
Okt
2019
LEGO (Let's Gathering Together)

LEGO ini merupakan kegiatan persekutuan di jurusan Akuntansi Pajak yang akan diadakan
dengan tema Grow in Faith. Tema ini, diharapkan bisa menjadi wadah utuk
memotivasi mahasiswa akuntansi pajak yang merasa terbeban serta kesepian dalam menjalani
kehidupan di perkuliahannya. Selain itu, dengan adanya tema ini dapat mendorong mahasiswa agar
berkembang dalam iman kristiani agar senantiasa menjalani kehidupan di perkuliahannya dengan
suka dan seturut kehendak Tuhan.

Baca lebih lanjut >
19
Jun
2019
LOMBA MENULIS ARTIKEL ”Pajak di Era Industri 4.0”

Lomba merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan “Accounting Birthday Celebration” ke-25
Lomba ini GRATIS dan diselenggarakan oleh HIMAJAKTRA Universitas Kristen Petra.

Tema artikel ‘Pajak di Era Industri 4.0’ dengan pilihan sub tema antara lain strategi meningkatkan
kepatuhan pajak di era industri 4.0, reformasi pajak di era industri 4.0, tantangan dan strategi
mengamankan penerimaan di era industri 4.0
Artikel yang dikirimkan adalah artikel yang bebas dari plagiarisme, belum pernah dimuat di media
apapun, dan tidak sedang diikutkan di lomba manapun.
1. Artikel berisi 5.000-an karakter, dengan teknik penulisan ilmiah seperti artikel di surat kabar.
Artikel dikirimkan ke email: taxaccpetra@gmail.com mulai tanggal 19 Juni 2019 dan paling lambat
pukul 23.59 WIB tanggal 20 Juli 2019 dengan subjek: Lomba Menulis Artikel Pajak di Industri 4.0
2. Hak Tayang dipublikasi oleh Akuntansi Pajak Petra

Lomba terbuka untuk para guru SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat di seluruh Indonesia.
1. Pendaftaran peserta dilakukan dengan cara mengirimkan artikel ke email: taxaccpetra@gmail.com
serta melampirkan form pendaftaran yang telah tersedia pada (link1), juga melampirkan foto/scan
kartu identitas guru. (dengan format PDF, ukuran F4)
Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 artikel.
2. Setelah mengumpulkan artikel, peserta wajib mengisi post-test pada (link2)

Juri lomba adalah Heru Budhi Kusumo, S.E.,M.M. perwakilan dari Humas Direktorat Jenderal Pajak , M.
Zeti Arina, S.H.,M.M.,B.K.P perwakian dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, dan R.Arja
Sadjiarto,S.E.,M.Ak.,Ak. perwakilan dari Universitas Kristen Petra
Dalam menilai artikel, juri tidak mengetahui sama sekali identitas penulis artikel.
Penilaian akan dilakukan setelah tanggal 20 Juli 2019 terhadap semua artikel yang sudah dikirimkan ke
email: taxaccpetra@gmail.com
Penilaian artikel didasarkan pada 2 hal, yaitu:
Bahasa dan teknik penulisan dengan bobot 40%;
Kekuatan, kebaruan, dan argumentasi gagasan dengan bobot 60%;
5. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah diberikan kepada 3 pemenang.
Hadiah pemenang juara 1: Uang Rp 3.000.000
Hadiah pemenang juara 2: Uang Rp 2.500.000
Hadiah pemenang juara 3: Uang Rp 2.000.000
Pajak hadiah ditanggung oleh penyelenggara
Pemenang akan diumumkan melalui website pajak.petra.ac.id  pada tanggal 30 Juli 2019
Penyerahan hadiah akan dilakukan setelah 30 Juli 2019

Baca lebih lanjut >
17
Mei
2019
Seminar Be More Valuable "High Impact Presentation Skills"

Seminar ini diadakan pada tanggal 17 Mei 2019 dengan tujuan mengenalkan para mahasiswa Akuntansi Pajak untuk menambah wawasan dalam berkomunikasi dan berpresentasi yang nantinya berguna ketika di dunia kerja. Selain itu, para mahasiswa dapat menambah wawasan di luar bangku perkuliahan dengan menambah pengetahuan yang tidak hanya bersifat akademis tetapi lebih bersifat soft-skill yaitu kemampuan untuk berkomunikasi secara formal dengan orang lain.

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-20 dari 26 item.